Waktu dan Tujuan  hidup

“Di mata-Mu seribu  tahun sama seperti hari kemarin. Engkau menghanyutkan manusia, mereka seperti mimpi, seperti rumput di waktu pagi berkembang, di waktu petang lisut dan layu…Ajarlah kami menghitung hari-hari  sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana. Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita semasa hari-hari kami (Mazmur 90:4-5, 12,14).

Tanpa terasa sang waktu begitu cepatnya berlalu, rasanya baru saja kita merayakan pergantian tahun 2012 dan menyambut tahun baru 2013,  dan sekarang sudah setangah tahun berlalu…..

Baru saja rasanya kita membuat resolusi/pengharapan/sasaran/tujuan hidup kita setahun ke depan, tanpa terasa sudah hampir setengah tahun kita lalui. Sudahkah kita mempergunakan waktu kita sebaik-baiknya?? Seperti yang pemazmur sampaikan??

Terkadang kita merasa belum melakukan apa-apa, belum mencapai tujuan seperti yang diharapkan, atau ada orang yang malah tidak tahu tujuan hidupnya, atau mungkin saking  banyaknya harapan-harapan yang dia tulis di awal tahun sehingga sampai lupa akan apa saja yang diinginkannya…(seperti yang saya alami, begitu banyaknya doa, harapan, sasaran-sasaran yang saya tulis, yang ingin saya capai setahun kedepan sampai saya sendiri lupa akan apa yang saya tulis, saking banyaknya :) . Apa yang salah…..

Cobalah renungkan kembali apa tujuan hidup anda, apa sasaran yang ingin anda capai setahun kedepan, 2 tahun kedepan bahkan 5-10 tahun kedepan, tuliskan…jangan cuman dihayalkan, tapi tulislah….Tujuan itu harus jelas (spesifik), Aggressive (menantang) tapi harus realistic. Dan jangan membuat terlalu banyak daftar yang rasanya tidak mungkin dapat kita lakukan dalam waktu yang telah ditentukan.  Mengapa kita perlu menuliskan tujuan hidup kita, karena dengan memiliki tujuan/arah/sasaran kita akan lebih termotivasi, lebih   meningkatkan gairah hidup kita, arah hidup kita akan lebih jelas dan terarah. Jika kita merasa terpuruk atau down, kehilangan gairah hidup, galau…..cobalah buka kembali tujuan hidup kita, kita renungkan kembali tujuan hidup kita, jika ada hal-hal lain yang kita buat yang melenceng dari tujuan hidup kita, tinggalkanlah itu, kembalilah ke rel anda, ketujuan anda

Agar mudah untuk memahaminya, saya langsung saja pada contoh sasaran/harapan saya setahun kedepan;

  1. Saya membagikan dalam 3 kelompok (mungkin ada yang 3-5 sasaran dalam setahun)     

I.        Memajukan perusahaan

II.     Meningkatkan pelayanan dalam persekutuan doa kami (Imamat Rajani)

III.    Bersukacita bersama keluarga dan diri sendiri

Tiga besar inilah yang menjadi tujuan/sasaran hidup saya dalam setahun ke depan.

 Dari 3 kelompok sasaran ini, kita spesifikan lagi:

I.       Memajukan perusahaan,dengan cara apa? Bagaimana caranya ?

IA. Meningkatkan pendapatan/omset :

1.       Meningkatkan kualitas Sumber daya manusia (SDM) yang ada

Dengan cara pelatihan, training, peningkatan pengetahuan/ilmu SDM, motivasi, bimbingan

2.       Menambah SDM Baru :

Mencari lewat bursa kerja, iklan lowongan, mengambil sdm dari tempat lain.

 IB.   Meningkatkan jumlah clien/nasabah

        Marketing lewat brosur, flyer, media, seminar-seminar, iklan, door to door, telemarketing dll

II.        Meningkatkan pelayanan dalam persekutuan

IIA.  Agar kesaksian, pengajaran, dan doa kami dalam persekutuan menjadi berkat untuk lebih banyak jiwa maka kerinduan kami mempunyai suatu media/web yang dapat diakses oleh banyak orang (maka terciptalah web ini,)

IIB. Lebih meningkatkan  Iman kami agar selalu bertumbuh dan bertumbuh

III.    Bersuka cita dengan keluarga dan diri sendiri

III.A Bersenang-senang dengan keluarga

1.       Rekreasi ke tempat-tempat wisata

2.       Mengunjungi keluarga jauh (kampung halaman)

3.  1 Jam dalam sehari memiliki waktu yang berkualitas dengan anak-anak/suami/istri (tanpa ganguan Hp,internet,bbm,face book,dll)

4.       Waktu untuk diri sendiri, entah itu menyalurkan hobby, merawat diri di salon, berkumpul dengan sahabat.

       III.B Waktu untuk diri sendiri

1.       Doa pribadi

2.       Merawat diri (ke salon, shopping)

3.       Menjalankan hobby pribadi (membaca,menulis)

 Nah… dari tujuan/sasaran setahun yang telah dipilah-pilih ini, perlu kita adakah evaluasi-evaluasi dalam 6 bulanan, 3 bulanan, 1 bulan apa yang telah kita capai, apa yang sudah kita kerjakan, apa yang belum tercapai dan belum kita kerjakan, kita perlu mengevaluasinya.

Dan yang terpenting kita perlu mengatur hari-hari kita dengan baik, dalam artian, sebelum melakukan aktivitas hari ini kita sudah merencanakan jam-per jam kegiatan kita, agar jam-demi jam, hari-demi hari sungguh-sungguh bisa berjalan searah dengan sasaran/tujuan setahun kita. 24 Jam sehari sudah kah kita gunakan dengan sebaik-baiknya. Mari kita lihat jadwal/kegiatan kita selama 24 Jam. (tentu setiap orang berbeda-beda)

  1. Waktu bekerja/kerja dikantoran  dan tidur malam : 17 jam
  2. Sisa Waktu yang 7 jam bisa kita pilah-pilah menjadi :
    1. 1 jam untuk keluarga (anak,istri/suami/kerabat lainnya)
    2. 1 Jam untuk keperluan diri (makan, mandi, ngopi/ngeteh
    3. 1 jam untuk peningkatan diri (belajar memasak/computer/belajar Inggris/belajar music/hal-hal lainnya yang berkualitas)
    4. 1 Jam untuk olah raga (kalo yang waktunya sempit bisa 30 menit di pagi hari, 30 menit di sore hari) disesuaikan dengan kebutuhan
    5. 1 Jam untuk Tuhan (Doa, baca firman, puji-pujian)
    6. 1 jam untuk hal-hal tidak terduga : macet, bertegur sapa/ngobrol dengan tetangga/sekedar nonton T V
    7. 1 jam free time…….menyalurkan hobi atau sekedar santai

Saat kita melakukan segala aktivitas kita, ingatlah agar kita memberikan waktu yang berkualitas, misalnya saat bekerja, biarlah hati dan pikiran kita curahakan untuk bekerja, saat waktu untuk anak-anak/istri/suami benar-benarlah kita memberikan waktu kita dengan baik, saat kita harus beristirahat, beristirahatlah/tidurlah. Saat waktu kita dengan anak-anak/istri/suami gunakan waktu dengan baik terkadang kita bersama mereka tapi kita sambil sibuk, bbm, face book, sms an dll sehingga waktu yang kita berikan menjadi tidak efektif dan tidak berkualitas. Begitu juga waktu kita untuk Tuhan saat kita berdoa, baca Firman biarlah kita benar-benar focus berkomunikasi dengan Tuhan. Saat berkomunikasi dengan Tuhan, tinggalkan sejenak segala beban,persoalan,pekerjaan,masalah- b. Sering kali kita berdoa, namun pikiran kita melayang-layang pada masalah yang sedang kita hadapi.  Fokuslah berikanlah waktu yang terbaik kita untuk Tuhan

Namun  setiap orang memiliki pengaturan waktu yang berbeda-beda, bagi yang libur di hari Sabtu dan Minggu akan lebih memiliki waktu untuk keluarga, lebih banyak waktu untuk pelayanan, untuk belajar hal-hal lain diluar rutinitas, dan bagi orang bujangan akan lebih banyak lagi waktu untuk diri sendiri, maka pergunakalah waktu itu sebaik-baiknya, gunakan waktu anda untuk hal-hal yang positif dan untuk kemajuan masa depan anda, seperti belajar memasak, belajar music, computer, bahasa asing, belajar menjahit, belajar membuat tulisan, kembangkanlah talenta-talenta anda.

Yang terpenting  kita dapat membagi waktu kita pada bagian-bagian penting dalam kehidupan kita, harus memberikan waktu untuk Perusahaan, keluarga, olah raga, waktu untuk kita sendiri dan waktu untuk Tuhan, kita perlu menyeimbangkan dan memberikan waktu yang berkualitas dalam setiap bagiannya. Seperti dalam  Mazmur 90 ayat 12 “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana” agar kita diberikan kebijaksanaa dan hikmat dalam segala hal yang kita lakukan.

Demikianlah sekilas tentang pengaturan waktu dan sasaran/tujuan hidup kita namun kita perlu ingat bahwa manusia hanya bisa berencana/mereka-reka namun Tuhanlah yang berkuasa untuk menentukan segala sesuatu, untuk itu berdoalah selalu sebelum kita merencanakan segala sesuatunya agar segala rencana kita sejalan dengan rancangan Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati…..amin….

Posted in Artikel
Share this post, let the world know

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>