Kelanjutan dari Seri Pengenalan Tuhan secara pribadi

Pengajaran ini disampaikan oleh Om Max dan dituliskan oleh team www.berdoadanbekerja.com

“Cara melakukan sesuatu untuk mengenal Tuhan secara Pribadi”

  1. Tuhan akan melihat kepribadian kita, Tuhan akan menilai kepribadian kita untuk Dia,

  2. Kita harus mengenal kepribadian Tuhan itu seperti apa, sehingga kita berusahaan untuk dapat melakukan apa yang Tuhan lakukan.

Adapun langkah-langkah nya adalah sebagai berikut, yang akan langsung diberikan contoh-contoh dari kesaksian hambanya Om Max

  1. Tuhan akan melihat kepribadian kita, Tuhan akan menilai kepribadian kita untuk Dia

pada saat awal Tuhan menuntun dan membawa manusia kepada pertobatannya ada nilai yang Tuhan berikan kepada orang yang bertobat tersebut. Nilai saat dia menerima pertobatan itu. Range nilai itu 5,6,7 dan 8,9,10. Nilai-nilai ini adalah seperti karunia yang diberikan, karakter kita, hati kita saat mula menerima Tuhan. Contoh jika seseorang dalam pertobatannya mendapat nilai 5,6,7 ini berarti dia memiliki suatu kepribadian suka perjuang, berusaha mencari tahu akan kebenaran Tuhan, mencari tahu kepribadian Tuhan itu seperti apa. Dalam dirinya ada ruang, ada proses dimana dia harus terus belajar, terus berjuang, yang ingin terus diisi untuk semakin mengenal Tuhan, akhirnya disitulah mulai masuk dalam hubungan pribadi dengan Tuhan.

Nilai 8,9,10 seseorang yang sudah mendapat banyak karunia yang Allah berikan sehingga tidak ada sifat untuk ingin belajar, ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang Tuhan, dia menjadi terlena dengan nilai yang dia dapatkan sehingga orang-orang yang seperti ini saat dia lemah dia akan lebih mengandalkan logika nya. Ini akan sangat berbahaya jika dia tidak dapat mempertahankanya.

Contoh yang mendapat nilai 8,9,10 dan mampu mempertahankan nilai tersebut sepereti pertobatan rasul Paulus, saat dia dipanggil dia langsung menjadi murid Yesus dan terus bertahan sampai dia dapat menjadi seorang rasul. Sedangkan yang tidak dapat mempertahankan nilai pertobatannya adalah Yudas, dia menghianati Tuhan, menjual Tuhan, dan dia bunuh diri.

Kesaksian Om Max, Om Max mencontohkan dirinya mendapat nilai 5 dari pertobatannya, karena itu dilihat dari kelompok yang ada, kelompok pelayanan yang banyak merendahkan diri, dengan rasa malu, malu dalam persekutuan, merasa rendah, kalau ada berita dari Tuhan om tidak sampaikan karena orang lain banyak yang merasa lebih sehingga om Max merasa minder, rendah diri, sehingga dari sini lah Om berpikir untuk meningkatkan terus hubungan dengan Tuhan. Disitulah ada roh Allah yang bisa menuntun dia sehingga ketika dia bergumul sendiri yang mendorong dia untuk bergumul dengan Tuhan sehingga dia dapat masuk ke dalam hubungan pribadi dengan Tuhan. Ada tuntunan roh untuk melakukan sesuatu yang tidak pernah dia pikirkan.

Di dalam hubungan pribadi dengan Tuhan ini lah, om Max terus berjuang untuk lebih dekat dengan Tuhan, bergumul, berdoa, terus bergumul, berdoa sehingga posisinya semakin naik, semakin meningkat. Pengliatan mulai muncul, nubuatan mulai muncul, marifat mulai muncul, hikmat mulai muncul, akhirnya disitu penglihatan mulai nyata karena sudah mulai ada hubungan dengan Tuhan, tapi kita sendiri belum menyadarinya. Belum menyadari sepenuhnya, kita belum mengetahuinya, Tuhan pun tidak mau cepat-cepat untuk kita mengetahuinya,karena kita dianggap belum kuat, perlu ada proses.

Tuhan juga mulai mendorang om Max untuk berpuasa kalau kamu mau menjadi murid yang setia dan taat, lihatlah Yohanes, dia muncul dari padang belantara dari situlah baru nampak seruannya yang dilihat banyak orang. Sebelum mulai pelayanannya Tuhan juga melakukan puasa di padang gurun selama 40 hari. Ketika iblis mencoba mengangguNya, iblis tidak bisa.

Dari sinilah om Max mulai mengambil langkah-langkah puasa seperti yang Tuhan Yesus lakukan, Maka mulailah om Max berpuasa selama 13 hari, pada saat masuk hari ke 14 Tuhan menyuruh om untuk tabah dan kuat, om Max disuruh naik ke pohon kelapa dan memetik buah kelapa yang hanya ada 1 di pohon tersebut. Om berkata, “saya sudah tidak kuat Tuhan, saya tidak ada tenaga lagi” . Ambil kamu harus ambil, suara Tuhan mulai saya dengar, kamu tidak akan mati. Lalu saya naik dan hampir jatuh, tapi saya merasa ada yang pegang saya, akhirnya saya berhasil dan Tuhan suruh saya buka buah kelapa itu dan minum airnya. Kemudian Tuhan mulai mengajarkan saya, lihatlah pohon kelapa, semua yang ada padanya dapat bermanfaat. Daunnya, lidinya, batangnya, daun keringnya, akarnya, semuanya bermanfaat. Tuhan sudah mulai ngomong/berbicara dengan Om Max, itu sudah masuk dalam hubungan pribadi, penderitaan selama 13 hari, itu kamu sanggup apa tidak? Untuk mengenal Tuhan secara pribadi, kita membutuhkan waktu yang sangat lama, seperti sekolah, dari tingkatan SD, SMP, SMU, kuliah

  1. Mengenal kepribadian Tuhan, belajar melakukan apa yang Tuhan lakukan

Setelah Tuhan menilai kepribadian kita, setelah Tuhan melihat kesanggupan kita maka Roh Allah akan mulai bekerja, roh Allah bekerja sepert zat, saat ada ruang dia akan bekerja, saat kita memberi ruang baginya dia akan bekerja. Dan Om Max mulai dituntun oleh Roh Tuhan, saat membaca firman pun Tuhan mulai mengajar Om Max, Tuhan berkata, jangan sekali-kali mengafal Firman, jangan kau menguasai Firman, biarlah Firman Tuhan yang menguasai kamu.

Dalam berdoa dan membaca firman, ada inti-inti yang dapat dipetik dan ada langsung suara Tuhan di dalamnya

Contoh: saat Om Max mendapatkan firman dari Yohanes 6 :1-15 tentang Yesus memberi makan 5000 orang,dimana Yesus bertanya kepada Filipus,”Dimana kita dapat membeli roti supaya mereka semua dapat makanan?’’ dan Filipus menjawab,” dengan uang 200 keping mana bisa memberi makan 5000 orang” kenapa Yesus bertanya kepada Filipus, karena Tuhan tahu dan ingin menguji dia, Tuhan tahu Filipus menyimpan 200 perak dan Tuhan sebenarnya sudah tahu apa yang dia akan lakukan, kita tarik intinya disini bahwa Filipus lemah. Sedangkan Tuhan memerintahkan untuk memberi makan,intinya disini, kamu harus memberi mereka makan, kemudian ada anak kecil yang datang 5 roti dan 2 ikan, anak itu mungkin berpikir bahwa Tuhan lagi butuh makanan sehingga dia perpikir dengan tulus dan kepolosannya memberikannya kepada Tuhan, dalam hal ini Filipus semakin dipojokan coba seandainya dia memberikan 200 uang nya kepada Tuhan, Kemudian Tuhan menerima 5 roti dan 2 ikan itu, Dia tidak berkata kepada siapapun, Tuhan hanya mengangkat roti dan ikan itu, menengadah ke atas dan berdoa. Berharap Allah berpekara

Kepribadian Tuhan:

Merasa bertanggung jawab, memberanikan diri berdoa, memohon kepada Allah agar Allah berperkara. Garis bawahi: keberanian Yesus untuk berdoa.

Langkah-langkah : Berani memohon kepada Allah, berani meminta

Dari kepribadian Tuhan inilah ada suatu langkah dorongan untuk semakin berani memohon, meminta dan berdoa untuk lebih dekat lagi kepada Tuhan.

Contoh lainnya adalah tentang hardikan, yang bukan murid Yesus ada yang melakukan hardikan. Itu reflex dilakukan lewat suatu kepercayaan, dari yang ada itu Allah memuji dia , itulah dari golongan kita. Dari hal ini mendorong kita untuk meminta suatu kuasa hardikan. Minta kuasa kepada Tuhan. Inilah langkah mula ini belum seberapa masih banyak hal-hal perlu dilakukan untuk mendorong kita semakin dekat dengan Tuhan

Tuhan akan terus melihat dan menguji iman kita, dari seorang hamba, jika kita dapat menjadi hamba yang setia, kita akan diangkat menjadi seorang anak, saat seorang anak sudah dianggap dewasa, Dia akan menggangkat kita menjadi seorang sahabat. Kalau sudah menjadi sahabat itu sudah masuk kedalam hubungan yang sangat rahasia. Segala sesuatu akan disampaikan Tuhan kepada sahabat-sahabatnya.

Untuk dapat menjadi sahabat Tuhan, kita benar-benar harus taat dan setia, berpuasa, berdoa, bergumul dalam suasana yang tenang, berharap agar hubungan kita seperti raja Daun, Raja Daun mengatakan bahwa jiwaku terbang seperti rajawali, jiwaku bersorak-sorak, jiwaku menari-nari. Jiwanya yang bersorak-sorak, bukan seperti kebanyakan orang, saat di Gereja, bernyanyi dengan bersorak-sorak, melompat-lompat, tapi jiwa nya sendiri kosong dan hampa. Banyak orang yang haus akan firman Tuhan, berkeliling dari gereja satu ke gereja yang lainnya hanya untuk memuaskan hasrat telinganya.

Saat Om Max melakukan pelayanan, sebelum mendoakan seseorang, Tuhan sudah membawa Om Max/Jiwanya sudah dibawa Tuhan, sehingga om sudah dapat mengetahui hal-hal atau perkara-perkara apa yang perlu didoakan sehingga om Max tidak pernah kuatir dan takut dengan apapun, karena Tuhan sudah kasi lihat pelayanan apa yang harus didoakan.

Salah satu contoh yang masuk dalam hubungan pribadi dengan Tuhan, saat kita mengalami sakit, kalo sakit kebanyakan orang pasti segera pergi ke dokter, namun om Max selalu mengingatkan kita, dalam satu persekutuan kalo sakit jangan pergi ke dokter, berdoa saja, kalo kita sakit kepala, jangan langsung minum obat sakit kepala, coba berdoa dulu, mohon ampun karena kita terlalu banyak berpikir di luar batas kemampuan kita, kalo kita sakit perut, mohon ampun mungkin kita salah makan atau makan tidak berdoa, kalo kita sakit ginjal, mohon ampun selama ini kalo minum kita tidak berdoa, kalo sakit lever, karena terlalu banyak berpikir, kalo sakit jantung, itu karena dari diam diri, tidak mau dengan hal-hal berisik, kurang mau mengasingkan diri dengan Tuhan, menjalin hubungan pribadi dengan Tuhan, puji-pujian. Kalau kanker, kanker kan kotor, coba mohon ampun mungkin banyak perbuatan yang tidak baik yang kita lakukan baik dari kita sendiri maupun dosa keturunan. Seperti raja Daun berkata, dosa ku dari kandungan ibuku.

Sering kali kita berdoa minta Tuhan, agar kita dijauhkan dari berbagai halangan, kita sering berdoa minta berkat, agar Tuhan memperlancar usaha kita, pekerjaan kita, anak-anak dan keluarga kita, namun kita jarang berpikir untuk mau meningkatkan hubungan kita dengan Tuhan. Tingkatkan hubungan dengan Tuhan, buat hubungan pribadi dengan Tuhan, maka segala sesuatunya Tuhan yang akan buat, segala sesuatu yang kamu perlukan Tuhan yang akan sediaka bagimu.

Marilah mulai saat ini, ambil sikap, ambil langkah untuk menjalin hubungan secara pribadi dengan Tuhan, Tuhan Yesus memberkati,……Amin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>